Minggu, 06 Juni 2010

SATE KLOPO Ondomohen





pagi itu temen gue si oyon ngajakin sarapan bareng bini-nya su behel. tanpa basa-basi-bisu lagi, pukul 8 pagi kita berangkat nyamperin si behel di asrama I*S. gak berapa lama setelah sampe di depan asrama, si behel keluar dari asrama. gak gue sangka dia juga ngajak si uni. padahal waktu itu si uni lagi ada di kampus. ya sudahlaaaaahh, kita nungguin uni ngerjain tugas selama setengah jam


setengah jam kemudian, si uni belom juga kelar ngerjain tugas agamanya (eh, UAS ). temen gue si oyon yang ngaku2 mirip ZAc Efron langsung hilang kesabarana dan gelap mata (L384y). dia yang emang kagak sabaran semakin maarh dan tiba-tiba suasana mencekam (dramatsir).


si oyon langsung cabut ngajakin kita makan karna dia udah laper banget katanya. sasaran kuliner kita sebenarnyua adalah mie ayam langganan mereka (oyon dan behel) di daerah walikota sono. setelah mencari-cari selama lebih dari sejam (dibelain nanya ke warkop deket sono), akhirnya kita nyari tempat pindahan mie ayam tsb di daerah Smada (bener gak ya?).


kita nyari-nyari tapi kagak nemu-nemu, alhasil si oyon dengan tampang rambo yang membabi buta terus nagjakin kita buat makan. tak terhitung kata-kata mutiara keluar dari mulutnya ex : janc*k,as*,dll).






opsi terakhir adalah makan Sate Klopo di daerah jalan Walikota Mustajab di depan toko jual parcel, persis di depan Gang Ondomohen Magersari II. Atau kurang lebih 200 meter ke arah barat dari kantor Walikota Surabaya. tempatnya enak banget. daerah sekitar yang dipenuhi pohon-pohon gede nan rindang semkain membuat perut makin keroncongan. setelah memesan menu andalan, kita nunggu di dalam tempatmakna tsb. ditemanio teh botol dan koran (udah 2 hari lewat) serta krupuk.


setelah nunggu agak lama, kiat akhirnya bisa mengisi perut dengan senang hati. Sate dengan bumbu parutan kelapa dan poya yang enak ini dijual Rp13.000 per 10 tusuk untuk sate bergajih, sedangkan yang non gajih Rp12.000. cukup murah lah buat anak kost-an seperti gue.





Sate daging nya dikasih parutan kelapa terus dipanggang dan pake bumbu kacang kayak sate madura. apalagi dagingnya empuk, amstab gan. Bumbu kacangnya enak seru, ditambahin irisan bawang merah segar memberi kesan spicy yang eksotis di setiap kunyahan. Parutan kelapa yang disangrai ditaburkan pada sate dan nasi hangat yang disajikan dengan daun pisang


jangan ngaku pernah ke suroboyo kalo lo semua belom nyobain kuliner yang ciamik soro ini

0 komentar:

Posting Komentar